Tips Mudik dengan aman selama diperjalanan

0 14
Koto Tujuh 1-20130718-01618
Paur Humas Polres Sijunjung. Ipda Guzirwan

SIJUNJUNG : Lebaran sebentar lagi. Untuk itu, pihak kepolisian menghimbau bagi para pemudik untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum melakukan mudik ke kampung halaman ataupun ke tempat rekan kerabat.

Hal itu diungkapkan oleh Perwira Urusan (PaUr) Hubungan Masyarakat Polres Sijunjung, Ipda Guzirwan, Rabu (1/8/2013).

“Untuk pengemudi siapkan fisik secara prima. Jangan paksakan mengemudi jika tubuh kurang fit. Periksa kesehatan sebelum mengemudi dan hindari penggunaan obat keras, alkohol, dan minuman penambah energi. Jika merasa lelah atau mengantuk, sebaiknya istirahat dulu,” katanya.

Ia juga menghimbau bagi para pengemudi agar memastikan membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) serta berbagai kelengkapan lainnya.

“Kenali dan pelajari rute serta kondisi jalan yang akan digunakan. Hati-hati mengemudi saat cuaca buruk. Patuh dan disiplin terhadap rambu lalu lintas. Siapkan nomor-nomor darurat, khususnya yang di sepanjang jalur perjalanan,” lanjut Guzirwan.

“Bawa makanan dan minuman secukupnya. Siapkan obat-obatan pribadi. Bila sakit manfaatkan pos-pos kesehatan yang ada di pemberhentian angkutan. Kenali penumpang di kiri dan kanan anda. Jangan gunakan barang berharga atau perhiasan yang mengundang kejahatan. Tolak pemberian makanan dan minuman orang tak dikenal untuk hindari pembiusan. Simpan barang-barang bawaan di tempat yang mudah diawasi” ungkapnya.

Arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1434 Hijriah diperkirakan terjadi 2 Agustus hingga 17 Agustus 2013. Polri akan memaksimalkan pengamanan arus mudik dan arus balik dalam Operasi Ketupat 2013.

Leave A Reply