Rapat Koordinasi DILKUMJAKPOL Wilayah Kab.Sijunjung

0 38
IMG-20130828-01000
Forum DILKUMJAKPOL wilayah Kabupaten Sijunjung berfoto bersama usai melakukan diskusi, Rabu (28/8) di Pengadilan Negeri Muaro.

SIJUNJUNG: Dalam rangka mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan di wilayah Kabupaten Sijunjung, perlu dilakukan sinkronisasi pelaksanaan sistem peradilan pidana yang terpadu. Hal inilah yang mengemuka pada Rapat Koordinasi (Rakor) antar penegak hukum di lingkungan Pengadilan, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan, dan Kepolisian (Dilkumjakpol) di wilayah Kabupaten Sijunjung, Rabu (28/8).

Kegiatan Rapat koordinasi DILKUMJAKPOL tersebut, bertempat di Ruanagn Pengadilan Negeri (PN) Muaro. Untuk tahun ini, Pengadilan Negeri (PN) Muaro bertindak selaku tuan rumah. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua pengadilan Negeri Muaro Suhasmairita, SH MH, dan dihadiri Kapolres Sijunjung AKBP. Sugeng Riyadi, S.Ik, MH, M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Sijunjung Pipuk Firman Priyadi SH, Kalapas Kelas IIB Muaro Sijunjung Sudirwan.

Adapun Tema Rakor DILKUMJAKPOL “Melalui Evaluasi Pelaksanaan Forum Koordinasi Instansi Penegak Hukum (DILKUMJAKPOL) Kita Wujudkan Integrated Criminal Justice System di Kabupaten Sijunjung.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Muaro selaku tuan rumah menyampaikan bahwa kegiatan Rakor DILKUMJAKPOL ini merupakan media bersama untuk lebih menjalin ikatan silaturahmi, yang tidak hanya sebatas pada ikatan struktural namun perlu dikembangkan lebih luas dalam bentuk integrasi kultural antar sesama insan-insan penegak Hukum, serta dapat memudahkan kita semua dalam memecahkan berbagai permasalahan pada pelaksanaan tugas yang diemban.

Kapolres Sijunjung AKBP. Sugeng Riyadi S.Ik, MH, M.Si mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam proses penegaka hukum di wilayah kabupaten Sijunjung serta mengatasi kendala ataupun permasalahan yang dihadapi oleh institusi Hukum seperti pengadilan, kejaksaan, kepolisian dan Lapas.

Kapolres juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut sangatlah bersifat positif dan diharapkan dapat mampu meningkatkan sinergitas antar lembaga hukum serta Aparatur hukum, dalam menciptakan keadilan bagi seluruh warga kabupaten Sijunjung.

Adapun beberpa permaslahan yang dibahas dalam rapat koordinasi DILKUMJAKPOL tersebut diantaranya adalah permasalahan barang bukti yang sulit dihadirkan dipengadilan, penanganan TIPIRING, Tilang, serta penanganan barang yang dirampas untuk Negara / lela dan masalah-masalah lainnya dalam penanganan berkas perkara.

Hadir dalam kesempatan tersebut 40 orang peserta yang merupakan perwakilan institusi  penegak hukum yang tergabung dalam forum Dilkumjakpol. Dari unsur pengadilan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri , Unsur Kemenkumham dihadiri oleh Kalapas kelas IIB Muaro Sijunjung, Sedangkan dari unsur Kejaksaan dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri dan para Kasi di Kejaksaan Negeri Sijunjung. Adapun unsur Kepolisian diwakili oleh Kepolisian Resort (Polres) Sijunjung dan para Kapolsek diwilayah hukum polres Sijunjung.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.