Polres Sijunjung Gelar Rakor ” Operasi Ketupat 2013″

0 36
DSCN3874
Kapolres Sijunjung AKBP. Sugeng Riyadi S.ik, MH, M.Si saat membuka acara Rapat Koordinasi ” Operasi Ketupat 2013 ” , Kamis (18/7) di Aula Jananuraga Polres Sijunjung.

SIJUNJUNG: Rapat koordinasi “ Operasi Ketupat 2013”  yang membahas persiapan menghadapi arus mudik lebaran di Mapolres Sijunjung, Kamis (18/7). Yang mengungkap masalah kondisi jalan arus mudik atau arus balik dan kerawanan beberapa daerah yang dilalui pemudik serta penetapan posko lebaran.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sijunjung AKBP. Sugeng Riyadi S.Ik, MH, M.Si dan dihadiri oleh Dinas perhubungan, Dinas perindustrian dan perdagangan, PU, Pertamina, Jasa Marga, TNI, Pemda Sijunjung, Organda, Ormas, pramuka serta instansi terkait lainnya.

Selain membahas jalur yang akan dilalui para pemudik dari pulau jawa, dan dari beberapa Provinsi di Sumatera, pada kesempatan itu pula dibahas kesiapan jalur alternatif di wilayah kabupaten sijunjung, termasuk penyelesaian perbaikan infrastruktur jalan di jalur mudik.

Sejumlah jalur utama di Kabupaten Sijunjung Yakni : Pulau Punjung – Kiliran Jao – Tanjung Gadang – Muaro Bodi – Muaro Kalaban. Selain itu jalur utama kedua yaitu : Teluk Kuantan – Kiliran jao – Tanjung gadang – Tanah badantung – Muaro Sijunjung – Tanjung Ampalu – Kumanis – Payakumbuh.

Sedangkan untuk jalur alternatif yaitu : Sungai Tambang – air Amo – Paru – Air Angek – Muaro Sijunjung. Dalam Rakor yang dihadiri juga oleh para perwira dan staf Polres Sijunjung, juga membahas bahwa  Polres Sijunjung akan melaksanakan Operasi Ketupat 2013 mulai dari 2 agustus s/d 16 Agustus 2013 yang dilaksanakan secara serentak di Sumatera Barat dan Seluruh Indonesia.

Adapun Jumalah personil yang dikerahkan dalam Operasi Ketupat 2013 tersebut melibatkan beberapa instansi seperti TNI, Pramuka, Dishub Kabupaten Sijunjung, Pol-pp, Dinas Kesehatan dan Dinas PU Kabupaten, jumlah keseluruhan beserta personil kepolisian Resort Sijunjung berjumlah 151 personil yang dibagi di beberapa titik rawan kemacetan.

Kapolres Sijunjung AKBP. Sugeng Riyadi, S.Ik, MH, M.Si mengatakan bahwa untuk penetapan pos pengamanan lebaran, polres Sijunjung telah memutuskan untuk mendirikan dua pos pengamanan lebaran yaitu Pos 1 di Kiliran Jao dan Pos 2 di Tanah Badantuang. Dan pada beberapa titik daerah yang rawan kemacetan seperti di area pasar-pasar, seperti Pasar Tanjung Gadang, Pasar Sungai lansek, pasar palangki, pasar muaro bodi dan beberapa pasar lainnya yang diduga akan menjadi daerah rawan kecelakaan dan kemacetan, polres Sijunjung telah menugaskan sebagian personil untuk pengamanan jalur mudik lebaran yang melalui pusat keramaian masyarakat.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.