Menjual dan mengedarkan paket Ganja Eks Pelajar SMK di Ringkus Polisi

0 31

SIJUNJUNG– Seorang pelaku pengedar ganja berinisial HS (20) yang merupakan salah seorang Eks Pelajar di salah satu SMK di Kabupaten Sijunjug yang lulus tahun ini, Selasa (15/7) malam sekitar pukul 21.30 WIB kemarin, di ringkus oleh jajaran Satuan Narkoba Polres Sijunjung, setelah dilakukan pengintaian selama beberapa hari yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba AKP Elvi Piliang besera KBO Narkoba Ipda. Defrianto diibantu oleh 5 orang anggota Satnarkoba Polres Sijunjung.

Kapolres Sijunjung AKBP Sugeng Riyadi S.Ik, MH, M.Si melalui Kasat Narkoba AKP Elvi Piliang didampingi KBO Narkoba Ipda Defriano dan Paur Humas Ipda Agus Sutrisno mengatakan kepada wartawan bahwa tertangkapnya pelaku sekaligus pengedar barang haram jenis ganja di wilayah Muaro Bodi tersebut berawal dari informasi masyarakat yang resah dengan  ulah pelaku HS yang diduga mengedarkan barang haram tersebut di kalangan pemuda dan pelajar.

“ Setelah dilakukan pengintaian, anggota satnarkoba polres Sijunjung kemudian melakukan penangkapan terhadap tersangka “HS” (20) seusai umat muslim menjalankan shalat taraweh di Jalan menuju Muaro saat pelaku mengendarai kendaraannya hendak melakukan transaksi. Hasilnya, selain mengamankan tersangka, polisi juga berhasil menyita satu paket ganja yang disembunyikan pelaku didalam lipatan celananya, penggeledahan pun dilanjutkan dirumah pelaku dan sebanyak 3 paket ganja menengah siap edar dan satu paket kecil ganja milik pelaku berhasil disita dan setelah dilakukan penimbangan beratnya mencapai kurang lebih ¼ kilo” ujar AKP Elvi Piliang.

Kepada petugas kepolisian “HS” mengaku mendapat barang yang merusak massa depan bangsa tersebut dari salah seorang temannya yang saat ini masih buron. Pelaku pengedar ganja berinisial “HS” (20) merupakan warga Jorong Dusun Tuo, Kenagarian Muaro Bodi kecamatan IV Nagari tersebut mengaku baru dua tahun menjalankan bisnis haram tersebut semenjak dirinya berada di bangku sekolah SMK. Kini HS pun terancam berlebaran di dalam hotel prodeo.

Elvi Piliang menambahkan, bahwa paket ganja tersebut dijual pelaku dengan harga 100 ribu/paket, dan untuk paket kecil dijual dengan harga 50 ribu/paket. Saat ini pelaku telah diamankan di Polres Sijunjung untuk diminta keterangan. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang Undang Nomor 111, 114, 115, 127 dan UU no.35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika jenis ganja dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. “Selain pengedar, HS adalah pemakai aktif, dan memang pelaku terbukti pemakai setelah dilakukan tes urin oleh petugas Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten sijunjung,”sebut Elvi Piliang yang pernah menjabat Kapolsek IV Nagari tersebut.

Kasat Narkoba menegaskan bahwa sebagai daerah lintas yang rawan terhadap peredaran Narkoba, kepolisian akan terus berupaya memberantas dan mengantisipasi peredaran barang haram perusak generasi tersebut di kabupaten Sijunjung. Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak takut untuk melaporkan kepada polisi jika di lingkungan masing-masing mengetahui adanya peredaran narkoba.

“Kalau pemakai kita jerat empat tahun. Kalau pengedar lima tahun. Kasus ini sementara masih kita kembangkan lagi, karena pelaku hanya berperan sebagai penyalur dari salah seorang bandar yang masih kita kejar,” ungkapnya. (humaspolres)

 

 

Leave A Reply