Kunjungan Kerja Kapolda Sumbar Ke Mapolres Sijunjung, Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi

0 37
Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Hermanto didampingi Pejabat Polda dan Kapolres Sijunjung saat melakukan kunjungan kerja Ke Mapolres Sijunjung, Minggu 30.3
.Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Hermanto didampingi Pejabat Polda dan Kapolres Sijunjung saat melakukan kunjungan kerja Ke Mapolres Sijunjung, Minggu (30/3)

SIJUNJUNG —  Masyarakat jangan terprovokasi oleh sumber informasi ataupun ajakan yang tidak jelas dan tidak bertanggung jawab. Hal tersebut diungkapkan Kapolda Sumatera Barat Brigjen Polisi Bambang Sri Hermanto Minggu (30/3), saat melakukan kunjungan kerja Ke mapolres Sijunjung kepada wartawan  terkait konflik antar warga yang terjadi beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di Institusi Kepolisian Provinsi Sumatera Barat tersebut juga mengatakan bahwa penyelesaian masalah ataupun konflik yang terjadi antara warga Nagari Tanjung Lolo dan Warga Nagari Tanjung gadang beberapa waktu lalu, yang dilakukan oleh Kapolres Sijunjung dan jajarannya telah melalui mekanisme yang benar dengan merangkul semua stake holder dalam penyelesaian masalah tersebut.

“ Proses penegakan hukum yang dilakukan oleh kapolres Sijunjung sudah melalui mekanisme yang benar, dengan merangkul pemerintah, tokoh masyarakat, nagari, Jorong dan Ketua pemuda dalam proses penyelesaian masalah tersebut, sebab hal tersebut tidak hanya tugas kepolisian saja melainkan semua pihak terkait” ujar Kapolda.

Kapolda juga menegaskan bahwa proses penegakan hukum ada tiga, yang pertama harus ada kepastian, kedua Keadilan dan ketiga azas manfaat. Sebab jika dalam proses konflik tersebut tidak ada manfaat justru konflik tersebut akan bertambah tajam, dan tidak selamanya proses hukum tersebut harus berakhir di pengadilan atau Restoratif Justice yang artinya menyelesaikan masalah diluar pengadilan dengan tetap  memperhatikan rambu-rambu ataupun aturan-aturan yang ada.

“ Pada intinya, masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh sumber informasi ataupun ajakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, dan warga sebaiknya mencerna terlebih dahulu informasi ataupun ajakan tersebut apalgi mengarah kepada aksi anarkis” tegas kapolda.

Selain itu Kapolda berharap agar dalam menghadapi pemilu 2014 yang tidak lama lagi akan dilaksanakan tersebut bahwa dalam artian yang luas supaya tidak ada Asap, Kaca Pecah dan darah menetes di wilayah Hukum Sumbar terkait pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dihelat.

Brigadir Jenderal Polisi Bambang Sri Hermanto tiba di Mako Polres Sijunjung didampingi oleh pejabat utama Polda Sumbar dengan pengawalan ketat dari mobil Patwal Sat Lantas Polres Sijunjung.Kedatangan Jenderal Bintang Satu beserta rombongan di Polres Sijunjung ini di sambut dengan jajar hormat oleh personil Polres Sijunjung yang didampingi dan disambut langsung oleh Kapolres Sijunjung AKBP Sugeng Riyadi S.Ik, MH, M.Si, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, unsur Muspida beserta pejabat utama Polres Sijunjung dan Ibu-ibu Bhayangkari.

Kedatangan Kapolda Sumbar tersebut dalam rangka kunjungan kerja serta untuk mengetahui situasi dan kondisi Polres Sijunjung. Sebelum Kapolda memberikan arahan kepada seluruh anggota personil Polres, Kapolda terlebih dahulu masuk ke ruang kerja Kapolres Sijunjung untuk berbincang-bincang dengan Kapolres, Bupati, Kajari, beserta Unsur Muspida lainnya.

Acara yang diawali dengan kata sambutan Kapolres Sijunjung AKBP Sugeng Riyadi, memaparkan tentang situasi Kamtibmas, jumlah penduduk dan luas wilayah Polres Sijunjung.Setelah Kapolres menyampaikan paparannya, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Hermanto langsung memberikan arahan kepada seluruh Anggota personil Polres, beliau mempunyai cita-cita dan keinginan Polri akan betul-betul dekat dengan masyarakat. Situasi yang kondusif, hubungan yang harmonis, sinergitas dalam kehidupan tidak akan dapat hanya dilakukan oleh Polri sendiri, namun harus adanya kerja sama yang baik antara Polri dan masyarakat, baru semua itu dapat terwujud.

Kapolda juga menyampaikan 4 penunjang pelaksanaan tugas Polri yaitu : komitmen, loyalitas, sinergitas dan soliditas untuk pelaksanaan tugas anggota Polri dilapangan serta Kapolda juga menyampaikan 8 kebijakan Kapolda bagi Personil Polres sebagai pedoman kerja dilapangan guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Mengungkap kasus-kasus menonjol, meningkatkan pemberantasan kejahatan, pelayanan kepada masyarakat dan merubah mind set dan cultur set pola pikir anggota.

Setelah kegiatan kunjungan kerja ke mapolres Sijunjung, Kapolda dan rombongan bertolak ke Kota Sawahlunto untuk kembali menuju ke Padang. (hmspolres)

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.