Kantor Dinas Tanaman Pangan dan perkebunan (DTPP) Sijunjung disatroni pencuri, 3 unit laptop raib

0 30
DSC_1405
Tim Identifikasi Polres Sijunjung melakukan olah TKP di Kantor DTPP Sijunjung yang disatroni pencuri, Kamis (4/7) dini hari tadi.

SIJUNJUNG: Ruangan di kantor Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan (DTPP) Sijunjung, Kamis (4/7) dinihari di kupak kawanan maling. Uang tunai sejumlah Rp3,4 juta dan tiga unit laptop yang disimpan dalam laci meja hilang digasak kawanan pencuri.

Petugas dan tim identifikasi polres sijunjung yang mendapatkan laporan langsung turun ke lapangan dan melakukan olah TKPAksi kawanan pencuri tersebut pertama kali diketahui oleh penjaga kantor, Ezi Darmawan (26) dan petugas kebersihan kantor, Roza, Kamis (4/7) pagi sekitar pukul 05.30 WIB.

Seperti biasanya, sebelum membersihkan seluruh ruangan, mereka terlebih membuka pintu ruangan. Begitu masuk kedalam ruangan, mereka bedua kaget, karena melihat ruangan dalm kondisi berantakan.

Melihat kondisi tersebut, mereka melaporkan kejadian itu Kepala DTPP, Nizam Ul Muluk.dan Selanjutnya, melaporkan peristiwa itu ke Mapolres Sijunjung.

Kapolres Sijunjung AKBP Sugeng Riyadi S.ik,MH,M.Si melalui Kasat Reskrim AKP. Abdus Syukur F S.ik mengatakan “Kawanan maling ini, mengobrak abrik lima ruangan yakni ruang Kepala Dinas, Sekretaris, Bidang Perkebunan, P2HP dan ruangan Bidang Tanaman Pangan. Kawanan pencuri yang diperkirakan lebih dari tiga orang itu, diduga pertama kali masuk ke ruang Kepala Dinas, setelah sebelumnya membuka pintu dengan linggis.Setelah mengacak-acak ruang kepala dinas, pelaku tidak menemui barang berharga”.

Gagal mendapatkan barang berharga, diduga kawanan ini kemudian masuk keruang Bidang Perkebunan dengan membuka paksa pintu bagian belakang.Diruangan Bidang Perkebunan pelaku juga mengobok-obok isi ruangan, namun pelaku tidak mendapatkan barang berharga,Kesal tak mendapatkan barang berharga, pelaku kemudian masuk keruang Bidang P2HP dengan membuka paksa jendala yang dilengkapi terali besi.Ruang Bidang Perkebunan ini juga diacak-acak, dan pelaku menemukan netbook dan uang tunai Rp4,4 juta dalam laci meja. tambah Abdus Syukur

Kawanan pencuri yang tak puas dengan aksinya masuk keruang Sekretaris DTPP. Diruang Sekretaris, pelaku yang masuk dengan mencongkel jendela pakai terali, tidak menemui barang berharga. Ditempat terakhir, kawanan pencuri masuk keruang Bidang Tanaman Pangan dengan merusak jendela yang dilengkapi terali besi.Setelah mengacak-acak isi ruangan pelaku mendapatkan dua unit laptop.

Anggota kepolisian yang menerima laporan langsung turun ke TKP bersama tim identifikasi polres Sijunjung, dan memeriksa beberapa saksi untuk dimintai keterangan.” Saat ini kita masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan saksi, belum diketahui berapa jumlah kawanan pencuri tersebut, dan kasus ini masih kita kembangkan” tegas Abdus Syukur.

Aksi maling,  di Kabupaten Sijunjung tidak mengenal tempat. Sebelumnya, rumah kediaman KP2N Sijunjung, dikontrakkan Rini,  simpang pangeran,Muaro, juga di masuki maling. Akibat kejadian itu, korban 6 buah HP, serta uang tunai raib dibawa kabur. Sehingga korban mengalami kerugian yang cukup besar.

Terkait kejadian itu, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin meminta, meminta pimpinan SKPD untuk mengoptimalkan sistem pengawasan  dan pengamanan. Disamping mengoptimalkan pengawasan, bupati meminta aparat Sat Pol PP mengintensifkan patroli rutin ke setiap SKPD. Dan  seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar waspada serta tidak menyimpan uang tunai dalam jumlah yang banyak di kantor.

”Kita minta seluruh SKPD meningkatkan kawaspadaan, terkait dengan aksi maling di ruangan gedung DTPP tersebut, dan  tidak menyimpan uang dalam jumlah yang banyak di kantor,” ujar Yuswir Arifin didampingi Kadis Tanaman Pangan dan Perkebunan, Nizam Ul Muluk disela melihat unit identifikasi kepolisian saat melakukan olah TKP.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.